Memanfaatkan Kreatifitas Dalam Diri Dan Mengubah Hobi Menjadi Sesuatu Yang Menghasilkan

Jika kita mau berfikir, sebenarnya dalam diri kita menyimpan sebuah potensi yang bisa kita kembangkan dan tentunya malah bisa menghasilkan pendapatan. apalagi mungkin kita berada dalam keadaan ekonomi yang kurang mendukung. Mungkin awalnya kita tidak bermaksud menjual beberapa kerajinan yang kita buat dan ada yang tujuan awalnya hanya untuk koleksi pribadi atau untuk hadiah buat teman tapi jika ternyata apa yang kita buat tersebut bisa di jual dan menghasilkan, kenapa tidak?..

Dalam memulai sebuah bisnis tentunya membutuhkan keseriusan, jika kita telah memutuskan untuk mengubah hobi kita menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan tentunya kita harus menyiapkan langkah-langkah apa yang akan kita lakukan selanjutnya, selain itu kita juga harus menyisihkan sebagian waktu kita ataupun seluruh waktu kita untuk bisnis yang akan kita jalankan. sebagaimana kita memulai bisnis-bisnis lainnya bisnis yang berawal dari hobi juga membutuhkan keseriusan dan perencaan yang matang jika ingin sukses dan berhasil.

Disini saya akan mengambil contoh sebuah hobi kerajinan atau craft yang akan kita kembangkan menjadi sebuah bisnis, point yang penting dari sebuah bisnis atau usaha yaitu kita harus membuat catatan dan pembukuan dari semua kegiatan produksi, jadi disini setiap pengeluaran sekecil apapun harus kita perhitungkan biayanya, baik itu waktu, tenaga dan biaya-biaya pokok lainnya disamping biaya untuk bahan dan alat.

Untuk awal dari bisnis kerajinan ini kita konsep sebagai industri rumahan, karena sebagian besar dari produk kerajinan membutuhkan waktu untuk dikenal di masyarakat. dan tentunya setiap usaha dan bisnis kita harus memulainya dari skala kecil dulu, baru kemudian jika produk kerajinan kita sudah mulai dikenal mungkin kita bisa memikirkan untuk mengembangkan bisnis kita ke skala yang lebih besar misalnya membuat sebuah badan usaha dan mempatenkan merk produk kerajinan kita.

Untuk yang baru pertamakali memulai bisnis kerajinan mungkin masih kesulitan bagaimana caranya untuk menjual dan memperkenalkan produk kita, untuk awal mungkin kita harus membuang jauh-jauh tentang sebuah keuntungan yang wah.. dulu, saya juga pertama membuat kerajinan bukan untuk saya jual, tapi pertama kali saya membuatnya untuk dikasih untuk teman secara cuma-cuma, sebagi hadiah, kado dll. disini sebenarnya kita juga telah melakukan promosi secara terselubung. tentunya jika teman kita melihat hasil karya kita cantik dan unik secara alami dia akan bilang kepada teman-teman yang lainnya dan sebagai timbal balik dia akan memesannya pada kita begitu juga dengan teman-teman yang lain.
 
Cara Pemesanan Klik Gambar DiBawah
Terimakasih Atas Kunjungannya ^_^

Posting Komentar

0 Komentar